Banyak orang yang sudah memiliki pekerjaan sampingan, lalu mengapa Anda tidak menjajalnya juga?

Dengan begitu, Anda berkesempatan untuk memiliki pekerjaan tetap sekaligus meningkatkan pendapatan Anda dari pekerjaan sampingan tersebut. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk mengubah hobi menjadi hal yang menguntungkan.

Namun tentunya, ada beberapa tantangan yang perlu Anda hadapi sebelum memulai pekerjaan sampingan Anda ini.

Memilih pekerjaan sampingan

Terdengar sederhana, namun memilih mana pekerjaan yang tepat merupakan hal yang cukup menantang.

Tidak semua hobi dapat menjadi mesin pencetak uang dan tidak semuanya sama. Beberapa hobi akan menghasilkan lebih banyak keuntungan dibanding hobi yang lain. Karenanya, Anda perlu menimbang-nimbang pilihan yang Anda miliki.

Hal ini berarti mempertimbangkan mana kegemaran Anda dan seberapa besar Anda bersedia mengeluarkan uang untuk tetap berkomitmen melakukannya.

Anda juga perlu memastikan bahwa pekerjaan sampingan Anda tidak bertabrakan dengan jadwal kerja tetap Anda. Biasanya atasan Anda juga tidak akan senang jika mengetahui bahwa Anda bekerja untuk pesaingnya.

Poin terpentingnya adalah memilih pekerjaan sampingan yang Anda yakini bahwa Anda dapat melakukannya dengan baik. Anda mungkin suka merajut, namun kaus kaki rajut buatan Anda memiliki beberapa lubang, barang seperti ini tentunya tidak akan laku dijual.

Mitos yang harus diperhatikan

Anda mungkin telah membaca cerita orang mengenai seberapa mudahnya mereka menghasilkan ribuan dolar dari pekerjaan sampingan mereka. Namun, ada pengeluaran yang harus direlakan untuk tetap melakukan pekerjaan sampingan tersebut. Misalnya saja jasa ride sharing yang harus tetap mengeluarkan biaya untuk bahan bakar, asuransi dan juga perawatan atau penyewaan kendaraan. Hal seperti ini dapat memakan pemasukan bulanan dan komisi Anda.

Menemukan waktu yang tidak bertabrakan dengan jadwal kerja tetap

Jika Anda memiliki pekerjaan tetap yang memiliki jam kerja panjang, Anda kemungkinan akan mengalami kesulitan untuk menjaga atau mengembangkan pekerjaan sampingan Anda.

Hal ini akan semakin menantang apabila pekerjaan tetap Anda memiliki jam kerja yang tidak beraturan atau dalam sistem shift. Keadaan seperti ini akan membuat proses jadwal ulang menjadi lebih tricky, terutama jika pekerjaan sampingan Anda berkaitan dengan sekelompok orang, misalnya seperti mengajar kelas yoga yang dihadiri beberapa orang.

Beberapa pekerjaan sampingan juga memerlukan respons cepat, di mana respons lambat akan menyebabkan hilangnya kesempatan menguntungkan. Perlunya menjawab permintaan pelanggan dengan cepat memerlukan perhatian penuh dan Anda mungkin akan kesulitan untuk tetap fokus pada pekerjaan tetap Anda.

Jika Anda masih ingin tetap memulai pekerjaan sampingan meskipun jadwal pekerjaan tetap Anda sudah cukup sibuk, pilih pekerjaan sampingan yang mudah dikelola dan dijadwal ulang.

Mitos yang perlu diperhatikan

Kalimat "Anda hanya perlu meluangkan waktu" tidak selamanya benar. Kita semua memiliki waktu 24 jam sehari. Jika pekerjaan Anda menghabiskan 18 jam sehari, maka tentunya kita tidak selalu dapat "meluangkan waktu", karena sisa 6 jam tersebut perlu digunakan untuk tidur.

Bekerja tanpa mengorbankan waktu tidur Anda

Anda pasti paham bahwa jika Anda ketiduran pada jam kerja tetap Anda, berarti Anda terlalu memaksakan diri pada pekerjaan sampingan Anda.

Beberapa pekerjaan sampingan memerlukan waktu untuk memantau progres, memenuhi kebutuhan konsumen dan melakukan penyesuaian untuk meningkatkan penjualan.

Anda mungkin perlu memetakan strategi atau jadwal kerja yang diperlukan untuk membentuk dan mempertahankan pekerjaan sampingan Anda tersebut. Temukan berapa banyak waktu yang Anda perlukan dan pastikan bahwa jumlah jam tersebut tidak akan mengganggu jumlah jam tidur Anda.

Jika Anda menginginkan pekerjaan sampingan yang tidak mengurangi waktu tidur Anda, coba pilih pekerjaan yang dapat dilakukan secara otomatis. Misalnya Share4you, yang merupakan sebuah platform copy-trading yang memungkinkan Anda untuk memilih dan secara otomatis menyalin aktivitas trading para trader berpengalaman (disebut juga leader). Anda juga dapat menghentikan aktivitas trading Anda jika Anda perlu beristirahat sejenak.

Mitos yang perlu diperhatikan

"Anda boleh tidur setelah Anda mencapai kesuksesan." Permasalahannya adalah, sebagian pekerjaan sampingan mencapai kesuksesannya lebih lambat dari yang lain. Jika prosesnya mencapai waktu bertahun-tahun, Anda mungkin saja kehilangan lebih dari sekedar kehilangan waktu tidur.

Memastikan apakah pekerjaan itu menguntungkan

Jika Anda meluangkan lima jam sehari untuk pekerjaan sampingan Anda dan hanya mendapatkan tambahan pemasukan lima dolar, mungkin inilah saatnya untuk mempertanyakan apakah pekerjaan sampingan tersebut sesuai dengan usaha yang Anda keluarkan.

Jika pekerjaan sampingan tersebut membuat Anda melupakan pesta ulang tahun anak Anda, maka Anda perlu mempertimbangkan antara usaha dan keuntungan yang didapatkan jika Anda mempertahankan pekerjaan sampingan tersebut.

Akan sulit menghentikan kerugiannya jika Anda sudah meluangkan waktu dan tenaga untuk membangun pekerjaan itu. Namun akan sulit juga nantinya setelah Anda sadar bahwa pengorbanan Anda tersebut tidak sesuai dengan hasilnya.

Untuk mengantisipasi kerugian seperti itu, jalankan peninjauan ulang atau mengambil saham setiap enam bulan untuk menilai progres Anda. Cara ini juga akan memungkinkan Anda membuat penyesuaian yang diperlukan untuk meningkatkan pendapatan dari pekerjaan sampingan Anda.

Mitos yang perlu diperhatikan

"Keuntungan akan datang, tunggu saja." Daripada bergantung pada sesuatu yang belum pasti, tentukan berapa banyak waktu yang siap Anda luangkan untuk membangun pekerjaan sampingan. Dan jika hal itu gagal, tetap berpegang pada jadwal dan pindah ke pilihan selanjutnya.

Menyadari kapan harus berhenti atau melanjutkan

Pada akhirnya, akan tiba masa di mana Anda harus memutuskan apakah harus mengembangkan atau malah menghentikan pekerjaan sampingan Anda.

Jika pekerjaan sampingan Anda tersebut menjadi begitu sukses, Anda mungkin ingin menjadikannya pekerjaan permanen. Hal ini bisa saja melibatkan keputusan di mana Anda harus berhenti dari pekerjaan tetap Anda dan benar-benar berfokus pada pekerjaan sampingan tersebut.

Keputusan ini melibatkan risiko kehilangan pekerjaan yang stabil dan berpindah pada pekerjaan yang mungkin saja akan bangkrut dalam beberapa tahun atau bahkan beberapa bulan.

Juga merupakan hal yang sulit untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk melepaskan pekerjaan tersebut atau menghentikan pekerjaan sampingan yang tidak menguntungkan. Tentunya kesulitan ini berlaku jika pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan yang Anda gemari dan akan sangat mengecewakan jika hal tersebut membuahkan kegagalan.

Mungkin meminta saran dari orang yang telah berpengalaman akan dapat membantu Anda memutuskan apakah pekerjaan sampingan tersebut akan menghasilkan kesuksesan atau tidak. Mereka yang lebih berpengalaman akan dapat membantu Anda mengambil keputusan yang tepat.

Mitos yang perlu diperhatikan

"Anda akan gagal, jadi tidak perlu mencobanya." Namun jika Anda tidak memberikan kesempatan untuk menjajal pekerjaan sampingan itu, bagaimana caranya Anda bisa mengetahui jika pekerjaan itu akan gagal? Maka cobalah dan buat pekerjaan sampingan ini berhasil!

Artikel terkait