Anda sudah memutuskan untuk mencoba peruntungan Anda di marketing afiliasi namun belum tahu bagaimana memulainya? Bukankah akan lebih baik mengetahuinya secara langsung dari orang yang sukses membangun karir di bidang tersebut?

Perhatikan lima kiat terbaik dari beberapa marketer afiliasi sukses yang telah berkecimpung di bidang ini sejak lama:

Pilih topik yang menarik

Untuk mengawalinya, pilihlah keahlian atau fokus pasar Anda dengan hati-hati. Hal ini merupakan sebuah saran yang umum digunakan oleh marketer afiliasi sukses.

Terdapat dua pilihan. Pertama, Anda dapat mengikuti tren saat ini. Atau, Anda dapat mengidentifikasi subjek yang menjadi minat Anda.

Shawn Collins, yang telah menjadi seorang marketer afiliasi sejak 1997 merekomendasikan Anda untuk fokus pada pasar-pasar yang Anda gemari. Tentunya dia adalah orang yang paling mengerti tentang hal ini, dia mengakui kehilangan minatnya pada situs yang ia buat berdasarkan tren dan membiarkan situsnya mati dengan sendirinya.

Menguasai lebih dari satu pasar dan mengunggulinya bukanlah sesuatu yang umum di dunia afiliasi, karenanya pilihlah satu keahlian dalam bidang tersebut dan kuasai dengan sepenuhnya.

Hal ini terbukti sangat menguntungkan dalam bidang yang memerlukan ilmu khusus seperti trading saham. Jadi seandainya Anda tergabung dalam program afiliasi dengan platform seperti Forex4you, Anda akan dapat mengantongi komisi dengan cepat saat Anda menunjukkan kredibilitas Anda sebagai ahli pada bidang tersebut.

Poin yang dapat diambil

Pikirkan, lalu pikirkan lagi sebelum memutuskan domain yang akan Anda pilih karena Anda akan benar-benar harus menuangkan usaha dan upaya Anda untuk menunjukkan eksistensi Anda.

Peran Penting Konten

Setelah Anda memutuskan domain pilihan Anda, Anda perlu membuat rencana marketing konten yang kuat untuk menarik traffic ke situs Anda.

Seorang veteran marketer online, Zac Johnson, mengatakan bahwa penjualan afiliasi mungkin menghasilkan uang bahkan ketika Anda sedang tertidur.

Namun, uang-uang itu tidak akan datang dengan mudah jika Anda tidak memiliki strategi konten yang bagus.

Johnson menggarisbawahi beberapa kiat yang dapat meningkatkan kecakapan afiliasi Anda, termasuk di dalamnya mengidentifikasi target audience Anda. Hal ini berarti Anda perlu mengetahui demografi dan minat mereka. Karena itu, cari tahu forum atau media sosial apa yang dikunjungi oleh audience Anda dan temukan konten seperti apa yang mereka cari.

Johnson juga menyarankan untuk berinteraksi dengan blogger lain dalam lingkup domain Anda dan menautkannya pada konten mereka. Nantinya, mereka juga akan balas melakukan hal yang sama untuk konten Anda dan pada akhirnya akan membantu meningkatkan rating pencarian Anda secara keseluruhan.

Poin yang dapat diambil

Konten Anda harus memiliki nilai. Jangan takut untuk menunjukkan pendapat yang berbeda meskipun hal tersebut bukanlah hal yang selaras dengan pendapat orang lain. Audience Anda mungkin menyukai hal tersebut.

Memperkuat Pengetahuan Dasar

Selain menyajikan konten yang bagus, Anda juga perlu memberikan usaha maksimal untuk mengasah keahlian dan kepiawaian. Semua ini bertujuan untuk menumbuhkan kepercayaan, sehingga audience Anda dapat melihat Anda sebagai sumber yang kredibel.

Saran ini diungkapkan oleh Pat Flynn, seorang marketer afiliasi sejak 2008. Menurutnya, hal ini membutuhkan waktu dan energi untuk mempertahankannya, dan Anda harus sabar melaluinya.

Anda dapat memelihara kepercayaan dengan menawarkan konten, informasi dan hadiah gratis. Anda juga dapat melakukannya dengan mendapatkan rekomendasi. Untuk mendapatkan rekomendasi, Anda perlu membuat orang lain mengenal Anda sehingga mereka akan membantu memasarkan merek Anda.

Membangun relasi memiliki peran yang besar dalam kesuksesan Anda sebagai marketer afiliasi. Maka bangunlah relasi dan memelihara hubungan dengan orang lain dalam industri ini.

Poin yang dapat diambil

Relasi, relasi, relasi.

Persiapkan untuk Jangka Panjang

Dan bersiaplah untuk perjalanan panjang yang menanti jika Anda mencari karier berkelanjutan di bidang marketing afiliasi. Hal ini bukanlah jalan untuk menjadi kaya dengan cepat.

Anda perlu "berpegang teguh", kata Missy Ward yang telah berkecimpung di dunia marketing afiliasi sejak 1999. Dia memperingatkan bahwa kesuksesan membutuhkan waktu dan usaha.

Hal ini juga merupakan sebuah proses belajar yang hanya dapat meningkat seiring berjalannya waktu. Marketing afiliasi memerlukan banyak percobaan yang terus menerus selagi Anda mengambil langkah dan memperbaiki hal yang tidak berjalan dengan semestinya.

Artinya bahwa Anda harus menguji segalanya, termasuk penempatan link afiliasi dan jumlah link yang harus Anda gunakan dalam setiap postingan Anda.

Poin yang dapat diambil

Tidak ada yang ajaib di sini. Anda harus mengeluarkan usaha untuk mendapatkan hasil dari apa yang Anda usahakan di kemudian hari.

Ramaikan traffic

Setelah Anda selesai melakukan riset dan telah mengidentifikasi domain yang tepat, Anda perlu menumbuhkan minat pada link afiliasi Anda.

Johnson menunjukkan bahwa traffic pada mesin pencarian merupakan area kunci yang harus menjadi fokus dari setiap marketer afiliasi, karena Anda hanya perlu sekali bekerja. Setelah Anda memegang kedudukan pada rating pencarian, traffic akan secara otomatis mengarah ke situs Anda.

Dan lagi, platform-platform seperti ini mengubah traffic lebih baik daripada sumber lainnya karena orang-orang mencari berdasarkan kata kunci spesifik dan lebih tepat sasaran.

Ada juga cara lain untuk menarik traffic ke konten atau blog Anda, termasuk di dalamnya memposting di forum-forum, pemasaran melalui video, dan menjadi tamu di blog orang lain.

Ward menambahkan bahwa perhatian khusus harus diberikan mengenai posisi di mana Anda menempatkan link marketing afiliasi Anda. Masukkan link dengan tepat di dalam lingkup ulasan produk dan jasa. Link ini pada akhirnya akan dapat memberikan kesempatan pendapatan terus menerus dengan pembatasan salinan yang kecil.

Poin yang dapat diambil

Jika Anda mengorbankan waktu Anda untuk memproduksi konten dengan kualitas yang bagus, maka berikan juga waktu Anda untuk memastikan bahwa orang-orang dapat menemukan konten Anda.

Artikel terkait