Pada topik sebelumnya, kita telah mendiskusikan tentang perbedaan antara crypto fisik versus crypto CFD. Karena trading CFD lebih aman, pada topik kali ini kita akan mengenal lebih jauh tentang spesifikasi dari crypto trading.

Mirip dengan Forex trading, tugas utama dari trader cryptocurrency adalah untuk membuat perkiraan yang tepat dan menghasilkan profit dari perdagangan. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan analisa teknik maupun analisa fundamental, yang bergantung terutama pada blockchain dan perilisan berita cryptocurrency.

Analisa Teknik Crypto

Keefektifan analisa teknik dan hubungannya dengan cryptocurrency memunculkan beberapa keraguan. Perilaku instrumen pada pertukaran crypto (cryptocurrency, token, dan lain sebagainya) bisa dimanipulasi oleh sekelompok trader, yang bisa secara signifikan menaikkan volume pada satu waktu. Meskipun begitu, banyak partisipan pasar yang berhasil mengaplikasikan daftar kecil instrumen analisa teknik untuk memperkirakan harga. Saat menganalisa cryptocurrency dari sudut pandang teknik, seorang trader biasanya menggunakan empat elemen, yaitu:

  • Grafik;

  • Daftar sell order dan buy order;

  • Riwayat transaksi;

  • Volume trading yang terjadi pada pertukaran.

Analisa Fundamental Crypto

Strategi trading pada perilisan berita memang lebih efektif, namun sangat sulit untuk menemukan rilis berita crypto yang relevan. Salah satu sumber terbaik yang bisa digunakan trader untuk mendapatkan berita crypto adalah forum dan blog, dimana para ahli biasa membagikan pemikiran dan komentar mereka terkait perkembangan pasar lebih lanjut. Media massa crypto biasanya diterbitkan agak lambat, yang mengurangi relevansinya bagi para trader.

Sangat penting untuk diketahui bahwa pergerakan mayor pada pertukaran cryptocurrency dibuat oleh sekelompok investor yang melakukan perdagangan dengan volume besar dan bisa membuat perubahan signifikan pada quotes/kuotasi. Grup tersebut atau para trader individual biasanya tidak akan membicarakan maksud dan tujuan mereka sebelumnya, jadi Anda harus mendeteksi permulaan dari kejadian tersebut dan bertindak sesuai keadaan tersebut.

Situasi yang lebih berbahaya terjadi ketika beberapa peserta pasar dengan sengaja membuat pegerakan harga yang tajam untuk menarik perhatian trader-trader baru ke permulaan pergerakan harga yang lebih signifikan. Sebagai hasilnya, banyak trader-trader yang tergesa-gesa mendukung terobosan awal tersebut dan mulai melakukan perdagangan, merangsang pergerakan dengan uang mereka sendiri.

Kiat Penting Bagi Para Trader Crypto

Keserakahan merupakan musuh utama bagi trader. Anda tidak boleh mengharapkan lebih dari apa yang telah Anda perkirakan, berhenti pada waktunya daripada harus membahayakan keuntungan Anda dan deposito awal hanya untuk keserakahan. Kesabaran akan menjamin keuntungan. Hal ini berlaku baik pada saat menjaga posisi terbuka dan menunggu sinyal entry yang bisa diandalkan. Tesis sederhana ini memungkinkan Anda untuk mengerti bagaimana cara trading cryptocurrency yang benar dengan menghindari entry yang tidak perlu dan impulsif, untuk mengantisipasi momentum yang kuat.

DOM (Depth of Market Window) merupakan sumber informasi bagi trader-trader crypto. Ukuran volume dan permodalan pasar merupakan faktor kunci yang merefleksikan modus trader lain. Karenanya, pengetahuan mengenai informasi ini akan membantu Anda untuk memperkirakan dinamika kedepannya.

Artikel terkait