Pada topik sebelumnya, kita telah mendiskusikan tentang dua jenis broker Forex yang utama, yaitu Dealing Desk versus Non-Dealing Desk, dan juga telah mempelajari perbedaan antara broker STP dan ECN. Selanjutnya, boker-broker ini juga memiliki metode kuotasi yang berbeda, baik itu Market Execution maupun Instant Execution. Semua jenis eksekusi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Anda bebas memilih metode mana yang paling cocok dengan gaya trading Anda.

Apa itu Market Execution (Eksekusi Pasar)?

Market execution merupakan metode yang umumnya digunakan oleh para broker STP (Straight Through Processing) dan ECN (Electronic Communications Network).

Order menggunakan market execution akan mengisi perdagangan Anda dengan harga terbaik yang ada di pasar. Pengajuan perdagangan akan ditempatkan dengan penyedia likuiditas. Tidak akan ada kuotasi ulang (re-quotes), namun Anda mungkin saja tidak mendapatkan harga yang Anda inginkan.

Jadi karakteristik utama dari metode kuotasi ini adalah:

  • Anda diperbolehkan untuk menentukan stop-loss dan/atau level Take Profit Anda saat memasuki pasar.

  • Eksekusi order Anda dijamin.

  • Anda memiliki akses langsung ke pasar

  • Harga disediakan langsung oleh pasar.

Jika Anda umumnya berdagang dalam jangka waktu lebih tinggi—dimana slippage (order terpenuhi pada harga yang berbeda dari harga permintaan) tidak menjadi masalah—maka market execution bisa menjadi pilihan Anda.

Apa iu Instant Execution (Eksekusi Instan)?

Instant Execution merupakan metode kuotasi yang umumnya digunakan oleh para broker yang menjalankan dealing desk. Apa yang terjadi dengan instant execution adalah para trader dieksekusi sesuai dengan harga yang tertera di layar.

Dibandingkan dengan market execution yang akan mengisi order Anda pada harga terbaik yang tersedia berikutnya tanpa mempedulikan slippage, instant execution tidak akan mengisi order Anda jika harga tersebut tidak tersedia. Karakter dasar dari metode ini adalah:

  • Anda bisa mengatur stop loss dan take profit orders Anda saat memasuki pasar.

  • Order Anda akan terisi dengan harga yang Anda inginkan jika harga tersebut masih tersedia; jika tidak, maka re-quote.

  • Eksekusi order Anda bergantung pada pasar,

  • Akses pasar secara tidak langsung, tapi melalui dealer.

Jika harga pengisi yang tepat merupakan gaya berdagang/trading Anda dan Anda secara umum berdagang dalam jangka pendek, maka instant execution mungkin cocok untuk Anda.

Artikel terkait