Tampilan Grafik

Transkrip Video

Panel yang lebih besar pada tengah layar disebut chart window. Menampilkan data historis instrumen keuangan. Jika Anda klik kanan pada jendela chart, menu drop-down akan muncul. Anda akan melihat jendela dengan beberapa opsi, yang dapat membantu Anda menyesuaikan antarmuka/interface. Misalnya, untuk membuka transaksi maka lakukan klik kanan pada chart lalu pilih “trading” – lalu “new order”, maka akan muncul jendela order. Anda dapat menyesuaikan jangka waktu chart dengan klik tombol “timeframe”.

Anda juga dapat memperbesar dan memperkecil untuk mengubah perspektif. Dimungkinkan untuk menampilkan chart menurut template. Untuk memuat template, klik kanan pada chart, lalu pilih “template” dan pilih template yang ingin Anda gunakan. Dimungkinkan juga untuk menggunakan template Anda sendiri. Dengan mengakses tab “Window”, Anda dapat mengatur tampilan beberapa chart dalam versi vertikal horizontal atau kaskade.

Untuk mengakses chart properties Anda dapat menekan F8 pada keyboard Anda atau Anda dapat melakukan klik kanan pada chart dan kemudian memilih “properties” pada jendela yang ditampilkan. Jendela tersebut memiliki dua tab. Yang pertama disebut “colors” dan yang lainnya disebut “common”. Pada tab «colors» Anda dapat mengatur warna chart sesuai dengan keinginan Anda, seperti:
• Background – warna latar belakang chart;
• Foreground – warna sumbu, skala, garis OHLC;
• Grid – warna grid chart;
• Bar Up – batang candle Up, warna bayangan dan bagian tepi dari badan Bull Candle;
• Bar Down – batang candle Down, warna bayangan dan bagian tepi dari badan Bear Candle;
• Bull candle – warna dari Bull Candle;
• Bear candle – warna dari Bear Candle;
• Line graph – garis chart dan Doji;
• Volumes – volume dan level dari posisi terbuka;
• Ask line – warna dari garis Ask;
• Stop levels – level stop order (Stop Loss dan Take Profit).

Perubahan yang dibuat secara otomatis ditampilkan di bagian kiri jendela pada preview chart. Kecuali untuk pengaturan manual berbagai elemen warna pada chart, Anda dapat memilih diagram warna yang telah ditentukan sebelumnya dengan nama yang sama. Ada tiga diagram warna yang tersedia di terminal: “Yellow on Black”, “Green on Black”, dan “Black on White”. Setelah warna diagram dipilih, elemen bagan yang dijelaskan di atas akan berubah pada bagan di bagian kiri jendela. Diagram warna pilihan dapat disimpan dalam template.

Pada tab Commons dimungkinkan untuk mengubah jenis chart, penyesuaian skala chart, mengaktifkan atau menonaktifkan pergeseran chart atau scroll otomatis. Di bagian kanan bawah dimungkinkan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan indikator OHLC, yang akan menampilkan harga open, high, low dan close pada chart untuk periode waktu tertentu. Anda juga dapat mengaktifkan garis ask yang akan muncul sebagai “redline” pada chart dan akan menunjukkan harga ask secara real time.

Offline chart – mengubah chart menjadi offline. Opsi ini menghentikan penerimaan dan menggambar data harga untuk chart yang diberikan. Selanjutnya, setelah opsi ini dinonaktifkan, data harga akan digambar lagi pada chart. Setelah chart dibuka secara offline, (perintah menu “File – Open offline”), opsi ini akan diaktifkan secara otomatis.

Chart on foreground – menempatkan chart di “foreground”. Jika fungsi ini diaktifkan, semua objek analitis akan ditempatkan “under” chart harga.

Perintah ini sama dengan perintah “Charts – Foreground chart”.

Chart shift – menggeser chart dari tepi kanan jendela ke tanda pergeseran.

Chart auto scroll – mengizinkan/melarang untuk menggeser chart ke kiri secara otomatis setelah bar baru mulai terbentuk.

Scale fix One to One – memperbaiki skala chart sebagai “one to one” (ukuran satu pip dari sumbu vertikal dalam piksel sama dengan jarak antara sumbu batang dalam piksel.

Scale fix - memperbaiki skala chart saat ini. Jika skala belum diperbaiki, chart akan secara otomatis diskalakan secara vertikal. Bar chart – menampilkan chart sebagai rangkaian bar (batang).

Candlesticks – menampikan chart sebagai rangkaian candlestick (lilin).

Line chart – menampilkan chart sebagai garis putus-putus yang menghubungkan titik-titik harga penutupan.

Show period separators – menampilkan/menyembunyikan pemisah titik. Tanggal dan waktu setiap bar ditampilkan pada sumbu horizontal pada grafik.

Show grid – menampilkan/menyembunyikan grid di jendela chart.

Show volumes – menampilkan/menyembunyikan volume chart di bagian bawah jendela. Opsi ini tidak berfungsi saat skala ditetapkan. Show object descriptions – menampilkan/menyembunyikan deskripsi objek pada chart. Jika opsi ini diaktifkan dan ada deskripsi objek yang dikenakan ke dalam chart yang tersedia, mereka akan ditampilkan langsung di chart.

Untuk kembali ke pengaturan default tekan tombol “reset”.