Buat Template

Transkrip Video

Template adalah sekumpulan parameter jendela chart yang dapat diterapkan pada chart lain. Berikut ini beberapa hal yang dapat disimpan pada template:
● Jenis dan warna chart;
● Diagram warna;
● Skala chart;
● Menampilkan atau menyembunyikan Garis OHLC
● Expert advisor dan parameternya;
● Indikator custom dan teknis beserta pengaturannya;
● Line studies;
● Pemisah hari.

Saat template diterapkan ke dalam chart, pengaturan tersimpan, sebagaimana adanya, akan dilampirkan ke simbol dan periode. Misalnya, Anda dapat membuat template yang menyertakan indikator MACD, RSI, dan Moving Average, lalu menggunakannya untuk chart lainnya. Dalam hal ini, jendela chart akan memiliki tampilan yang sama untuk simbol dan periode yang berbeda.

Untuk membuat template baru, Anda harus menjalankan perintah menu “Charts – Template – Save Template ...”, perintah menu konteks chart dengan nama yang sama, atau dengan menekan tombol Template pada toolbar “Charts”. Hasilnya, template baru akan dibuat berdasarkan data jendela chart yang aktif. Tindakan yang sama harus dilakukan untuk mengubah template, tetapi harus memilih template yang ada ketimbang memasukkan nama file baru. Untuk menerapkan template ke dalam jendela chart, Anda harus memilih file yang diinginkan pada menu pengelolaan atau pada folder mana pun yang tersedia di jendela “Open” yang dapat difungsikan dengan perintah menu “Charts – Template – Load Template ...”. Perintah menu “Charts – Template – Remove Template” dan perintah menu konteks chart dengan nama yang sama memungkinkan Anda untuk menghapus template.

Template disimpan pada direktori /TEMPLATES sebagai file TPL. Template yang pernah dibuat dapat digunakan dalam jumlah yang tidak terbatas. Template dasar (DEFAULT.TPL) dibuat selama instalasi terminal. Ia akan diterapkan secara otomatis untuk membuat jendela chart baru. Di masa mendatang, ia dapat diubah dengan menggunakan properti jendela chart yang aktif.