Mengatur Grafik

Transkrip Video

Chart menunjukkan perubahan harga untuk pasangan mata uang dengan rentang waktu. Chart diperlukan untuk melakukan analisis teknis, kerja expert advisors dan pengujiannya. Hingga sembilan puluh sembilan chart dapat dibuka di terminal pada waktu yang bersamaan.

Chart baru dapat dibuka dengan menjalankan menu “File – New Chart”, perintah menu “Window – New Window”, atau dengan menekan tombol New Chart pada toolbar “Standard”. Daftar mata uang yang tersedia akan muncul saat melakukan salah satu tindakan di atas. Setelah memilih simbol yang diperlukan dari daftar ini, seseorang dapat membuka chart-nya. Chart baru juga dapat dibuka dari jendela “Market Watch”, tekan Ctrl dan drag elemen daftar (simbol) dari jendela ke sembarang titik dari workspace terminal, atau setelah menjalankan perintah “Chart Window” dari menu konteks.

Tampilan dan properti setiap chart di terminal dapat diatur secara individual. Untuk melakukannya, Anda harus menjalankan order menu “Charts – Properties ...”, perintah menu konteks chart dengan nama yang sama, atau tekan F8. Tindakan ini memunculkan jendela “Properties” yang dapat digunakan untuk mengatur warna berbagai elemen chart (tab “Colors”):
• Background – warna latar belakang chart;
• Foreground – warna sumbu, skala, garis OHLC;
• Grid – warna grid chart;
• Bar Up – batang candle Up, warna bayangan dan bagian tepi dari badan Bull Candle;
• Bar Down – batang candle Down, warna bayangan dan bagian tepi dari badan Bear Candle;
• Bull candle – warna dari Bull Candle;
• Bear candle – warna dari Bear Candle;
• Line graph – garis chart dan Doji;
• Volumes – volume dan level dari posisi terbuka;
• Ask line – warna dari garis Ask;
• Stop levels – level stop order (Stop Loss dan Take Profit ).

Perubahan yang dibuat secara otomatis ditampilkan di bagian kiri jendela pada preview chart. Kecuali untuk pengaturan manual berbagai elemen warna pada chart, seseorang dapat memilih chart warna yang telah ditentukan sebelumnya dengan nama yang sama. Ada tiga chart warna yang tersedia di terminal: “Yellow on Black”, “Green on Black”, dan “Black on White”. Setelah chart warna dipilih, elemen chart yang dijelaskan di atas akan berubah pada bagian kiri jendela. Chart warna kustom dapat disimpan dalam template.

Pada tab Commons dimungkinkan untuk mengubah jenis chart, menyesuaikan skala chart, mengaktifkan atau menonaktifkan pergeseran chart atau scroll otomatis. Pada bagian kanan bawah dimungkinkan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan indikator OHLC, yang akan menampilkan harga open, high, low dan close pada chart untuk periode waktu tertentu. Anda juga dapat mengaktifkan garis ask yang akan muncul sebagai “redline” pada chart dan akan menunjukkan harga ask secara real time.

Chart simbol terdiri dari tiga jenis:

Bar Chart – rangkaian diagram batang

Untuk membuat chart jenis ini, Anda harus menekan tombol Bar Chart dari toolbar “Charts”, tombol akselerasi Alt+1, opsi yang sesuai dari jendela Charts Setup, atau jalankan perintah menu “Charts – Bar Chart”.

Candlesticks – rangkaian diagram lilin

Untuk membuat chart jenis ini, Anda harus menekan tombol Chart “Candlesticks” dari toolbar “Chart”, tombol akselerasi Alt+2, opsi yang sesuai dari jendela Charts Setup, atau jalankan perintah menu “Charts – Candlesticks”.

Line Chart – garis putus-putus yang menghubungkan harga penutupan

Untuk membuat chart jenis ini, Anda harus menekan tombol Chart Line dari toolbar “Charts”, tombol akselerasi Alt+3, opsi yang sesuai dari jendela Charts Setup, atau jalankan perintah menu “Charts – Line Chart”.

Untuk mencetak chart aktif dengan warna, Anda harus menandai “Color print” dalam pengaturan chart, lalu jalankan perintah menu “File – Print...”, perintah menu konteks chart dengan nama yang sama, tekan tombol Print dari toolbar “Standard” atau tombol akselerasi Ctrl+P. Jika “Color Print” dinonaktifkan, atau tidak ada printer warna yang tersedia, chart akan dicetak sebagai hitam-putih.

Pelaksanaan perintah menu “View – Full Screen” atau menekan F11 akan mengalihkan chart ke mode layar penuh. Hanya jendela chart, menu utama, dan chart switching bar yang akan tetap ditampilkan. Anda dapat kembali ke mode awal menggunakan perintah yang sama.

Indikator dapat diterapkan ke dalam chart dengan perintah menu “Insert – Indicators” atau indikator yang mengatur sub-menu yang dapat dibuka dengan menekan tombol Indikator pada toolbar “Charts”. Teknik “Drag'n'Drop” memungkinkan Anda untuk menerapkan indikator dari jendela “Navigator” ke dalam jendela yang terbuka. Daftar indikator yang dimasukkan ke dalam chart dapat dilihat di “Data Window” dengan menjalankan perintah menu “Charts – Indicators List”, perintah menu konteks chart dengan nama yang sama, atau dengan menekan tombol Ctrl+I.

Untuk menganalisis pasar, Anda dapat memasukkan berbagai objek grafis ke dalam chart. Untuk melakukannya, Anda harus menggunakan perintah menu “Insert” atau tombol dari toolbar “Line Studies”. Line Studies, bentuk geometris, tanda, dan teks, dikelompokkan dalam menu.

MT4 memungkinkan Anda menggunakan sembilan periode data yang berbeda, dari satu menit hingga satu bulan. Variasi periode ini diperlukan untuk menganalisis market dengan indikator teknis dan line studies.

Periode chart yang diinginkan dapat dipilih dengan bantuan toolbar “Period”, tombol Chart Period dari toolbar “Charts”, menu “Charts – Period”, atau dengan menjalankan perintah menu konteks bagan.

Charts dapat diperbesar secara horizontal, menambah atau mengurangi jumlah bar yang ditampilkan di layar secara bersamaan.

Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan tombol Zoom In/Zoom Out dari toolbar “Charts”, tombol “+”/ “-“, perintah “Zoom In”/ “Zoom Out” dari menu konteks chart dan dari menu “Charts”.

Untuk memperkecil chart secara vertikal, Anda dapat menahan titik sumbu vertikal mana pun dengan tombol kiri mouse dan memindahkannya ke bawah. Klik dua kali pada sumbu vertikal atau menekan “5” pada keypad untuk mengembalikan skala.

Templates mewakili parameter jendela chart yang disimpan dalam memori. Berikut ini disimpan dalam template: jenis grafik, periode, skala, semua pengaturan line studies, indikator teknis dan custom, dan experts. Template memungkinkan untuk menyatukan tampilan banyak chart dengan mudah dan cepat.

Menu pengelolaan template dapat difungsikan dengan perintah menu “Charts – Template”, perintah menu konteks chart dengan nama yang sama, dan tombol Charts Template dari toolbar “Charts”. Perintah menu “Save Template ...” memungkinkan Anda untuk menyimpan template baru, dan menu “Remove Template” – untuk menghapus yang sudah ada.

Profiles mewakili cara yang nyaman untuk bekerja dengan grup chart. Saat membuka profil, setiap chart dengan semua pengaturannya akan ditemukan di tempat yang sama saat profil disimpan.

Menu yang mengelola profil dapat dibuka dengan perintah menu “File – Profiles”, dengan menekan tombol Profile dari toolbar “Standard”, atau dengan klik mouse pada status bar yang berisi nama profil saat ini.