Tampilan Dasar Market Watch

Transkrip Video

“Market Watch” merupakan sebuah bagian dari MetaTrader 4, yang menunjukkan harga bid/penawaran dan ask/permintaan, dan memungkinkan Anda untuk melihat instrumen, penempatan orders, open chart. Di mana semua simbol terminal Trading mendapat quotes dari server yang terdaftar dalam jendela “Market Watch”.

Data pada jendela ini diwakili dalam sebuah tabel dengan beberapa bagian. “Symbol” berisikan dengan nama simbol. Bagian “Bid”, “Ask”, dan “Time” menunjukkan harga dan waktu yang sesuai dengan server. Nilai dari “High” dan “Low” dihitung berdasarkan perubahan harga dalam satu hari. Jendela “Market Watch” dapat dibuka/ditutup dengan menekan tombol “Ctrl+M”, atau perintah menu “View – Market Watch”, atau dengan menekan tombol “Arrows” pada Toolbar “Standard”.

Jendela ini memungkinkan Anda untuk menempatkan market dan pending order dan membuka grafik baru. Dengan klik kanan mouse pada jendela “Market Watch”, menu konteks akan muncul, di sinilah perintah berikut tersedia:

New Order – seorang trader dapat mempersiapkan dan menempatkan market atau pending order untuk simbol yang dipilih. Pada persiapan order, seseorang dapat menentukan level Stop Loss dan Take Profit. Rincian lebih lanjut dapat ditemukan pada bagian “Positions Opening”.

Jendela “New Order” juga dapat dibuka dengan mengklik dua kali pada nama simbol dalam jendela “Market Watch”, dengan perintah menu “Tools – New Order”, atau dengan menu perintah “Terminal – Trade – New Order”, atau dengan menekan tombol “New order” pada Toolbar “Standard”.

Chart Window – menampilkan chart/grafik dari simbol yang dipilih.

Simbol grafik dapat terbuka dengan perintah menu “File – New Chart” dan “Window – New Window” dan dengan menekan tombol “New Chart” pada Toolbar “Standard” Tick Chart – untuk membuka tick chart dari simbol yang dipilih. Tidak seperti grafik normal, tick chart terletak langsung di jendela “Market Watch”. Tick chart dari simbol yang dipilih juga dapat dilihat dengan beralih ke tab dengan nama yang sama di jendela yang sama. Data tick hanya muncul ketika akun terhubung. Jadi, jika akun tidak aktif untuk jangka waktu tertentu, tick chart mungkin akan tampak kosong. Tick chart disimpan secara terpisah untuk setiap server.

Depth Of Market – untuk membuka depth of market untuk simbol yang dipilih.

Specification – untuk melihat parameter dari simbol.

Hide – menghapus simbol dari daftar. Untuk meminimalkan traffic, disarankan untuk menyembunyikan simbol yang tidak digunakan dari jendela quotes dengan menekan tombol Delete. Harap dicatat, ketika ada posisi terbuka atau pending orders untuk simbol tersebut, simbol tidak dapat dihapus.

Hide All – menghapus semua simbol dari daftar. Perintah ini tidak berlaku untuk simbol yang memiliki posisi terbuka atau chart.

Show All – menampilkan semua daftar simbol yang tersedia. Setelah perintah ini dijalankan, quotes akan masuk untuk semua simbol ini.

Symbols – jendela yang menampilkan daftar semua simbol yang tersedia. Simbol dikelompokkan di jendela menurut tipenya. Perintah “Show Symbol” memungkinkan Anda untuk menambahkan simbol yang diperlukan ke jendela quotes, sedangkan “Hide Symbol” digunakan untuk menghapus simbol. Jendela perintah “Properties” memungkinkan Anda untuk melihat parameter simbol.

Sets – membuka sub-menu yang mengatur kumpulan simbol. Kumpulan simbol dapat disimpan di sub-menu ini, dan hapus atau pilih yang sudah ada. Hal ini mempermudah saat bekerja dengan simbol yang berbeda.

Spread – menunjukkan/menyembunyikan kolom yang menampilkan spread, yang merupakan perbedaan antara harga “bid” dan “ask”.

High/Low – menampilkan nilai tertinggi dan terendah dari harga harian ke qoutes yang ditampilkan.

Time – menunjukkan waktu quotes masuk.

Auto Arrange – mengatur kolom secara otomatis saat mengubah ukuran jendela. Auto Arrange juga dapat diaktifkan dengan menekan tombol “A”.

Grid – memperlihatkan/menyembunyikan kolom pemisah garis. Grid juga dapat ditampilkan dengan menekan tombol G.

Popup Prices – membuka jendela quotes tambahan. Anda juga dapat membuka jendela ini dengan menekan F10 pada keyboard Anda. Daftar simbol di jendela ini sama dengan yang ada di jendela “Market Watch”, pada saat orders dieksekusi. Ini berarti bahwa perubahan dalam daftar simbol di jendela “Market Watch” tidak mempengaruhi apapun di “Popup Prices”. Ia merupakan jendela informasi, tetapi trade juga dapat dilakukan dari sini. Untuk melakukannya, klik dua kali pada tombol kiri mouse pada simbol yang diinginkan. Dalam menu konteks jendela ini, ada perintah yang memungkinkan Anda mengatur data yang menampilkan parameter, mengaktifkan mode layar penuh, atau menempatkan jendela di atas semua yang lain.