Menggunakan Aplikasi MT4 di Tablet Android (Bagian 1)

Transkrip Video

Jendela “Chart” pada aplikasi MT4 di Tablet Android akan selalu menunjukkan instrumen terkini yang telah Anda pilih.

Anda dapat memperbesar maupun memperkecil tampilan grafik dengan menahannya menggunakan jari telunjuk dan ibu jari Anda secara bersamaan, kemudian membuat gerakan seperti “mencubit” untuk memperkecil tampilan dan lakukan gerakan sebaliknya untuk memperbesar tampilan.

Jika Anda mengklik salah satu grafik, Anda dapat melihat sebuah lingkaran berwarna biru dengan beberapa tombol: timeframes/kerangka waktu, chart settings/pengaturan grafik, objects, indicator, dan lain-lain. Anda dapat mengubah periode area grafik yang Anda inginkan hanya dengan mengklik tombol kerangka waktu yang ada di dalam lingkaran biru tersebut. Misalnya Anda ingin melihat grafik satu menit, maka Anda perlu memilih tombol “M1”. Tombol “M5” merupakan tombol grafik dengan kerangka waktu lima menit, “H1” untuk kerangka waktu satu jam, dan “D1” mewakili kerangka waktu satu hari.

Klik pada tombol silang untuk menambahkan garis bidik, yang memungkinkan Anda untuk dapat melihat informasi mengenai bagian tertentu dari grafik tersebut.

Untuk menambahkan indikator, klik pada tombol “indicator” dengan huruf latin “f”, jendela “Indikator” akan muncul pada panel utama. Di sini, Anda dapat menempatkan atau menghilangkan indikator dari grafik tersebut. Mohon diingat bahwa MT4 versi Tablet Android sudah memiliki Moving Average dan indikator RSI.

Bagian “Main Chart” berkaitan dengan bagian pergerakan harga sebenarnya dari grafik tersebut. “Indicator Window 1” merupakan bagian indikator di mana Anda dapat menempatkan indikator yang tidak mengandalkan nilai harga sebagai data mereka. Misalnya, Moving Average akan ditampilkan di jendela utama, sedangkan RSI akan ditampilkan pada jendela tambahan. Di sini Anda dapat menambahkan indikator ke bagian mana saja. Pertama, pilih satu bagian dan kemudian ketuk tanda “F+”. Pilihlah salah satu indikator yang tersedia pada daftar dropdown. Setelah Anda memilih indikator, Anda dapat mengubah properti indikator tersebut melalui jendelanya. Jika Anda memilih “Done”, maka perubahan yang telah Anda buat akan diterapkan. Anda juga dapat memilih “Set by default” atau kembali ke pengaturan awal untuk mengembalikannya ke pengaturan dasar indikator tersebut. Selain itu, Anda juga dapat mengubah properti indikator hanya dengan klik pada indikator tersebut di bagian bawah area tujuan yang Anda inginkan. Setelah layar properti muncul dan Anda telah melakukan penyesuaian seperti yang Anda inginkan, klik “Done” untuk kembali pada jendela indikator.

Jika Anda ingin menghilangkan indikator, klik tombol “Bin”; tombol ini akan membuat kotak kosong di samping nama indikator. Anda harus mencentang kotak kosong tersebut dengan mengkliknya, kemudian klik tombol “Bin” untuk menghilangkan indikator tersebut dari grafik.