Menggunakan Aplikasi MT4 untuk iPad (Bagian 3)

Transkrip Video

Pada bagian bawah layar utama, terdapat jendela Order yang dapat Anda gunakan untuk melihat semua open order/transaksi yang sedang berjalan beserta pending order Anda, dan juga rincian mengenai akun Anda. Jika Anda memiliki posisi terbuka, Anda dapat melihat rincian akun Anda seperti berikut:
  1. Balance/Saldo: Jumlah seluruh uang yang ada di dalam akun Anda. Jumlah ini tidak termasuk angka profit ataupun kerugian yang belum terealisasi.
  2. Equity/Ekuitas: Saldo Anda ditambah profit dan kerugian yang belum terealisasi.
  3. Margin: Jumlah dana yang diperlukan untuk menjaga posisi terbuka tetap terbuka.
  4. Free Margin: Jumlah ekuitas yang masih Anda miliki untuk menjaga posisi tetap terbuka sebelum Anda mendapatkan Margin Call.
  5. Margin Level: Menunjukkan hubungan antara margin dan ekuitas Anda. Saat margin Anda menurun hingga level ekuitas, maka proses likuidasi terjadi dan semua posisi terbuka Anda akan ditutup serta semua order tertunda/pending order Anda akan dibatalkan. Jika margin level Anda mencapai angka 100%, ini berarti ekuitas Anda telah menurun hingga ke angka margin minimal, dan Anda akan mendapatkan margin call (MC).


Di atas parameter akun Anda, Anda dapat melihat “Positions” Anda. Bagian ini merupakan semua open order/transaksi yang sedang berjalan pada akun Anda. Pada setiap posisi, Anda dapat melihat pasangan mata uang yang sedang Anda tradingkan, nomor ID trade, size, entry price, level stop loss dan take profit, spot price pasangan mata uang tersebut, dan juga profit maupun kerugian pada posisi tersebut. Anda dapat melihat rincian posisi tersebut pada sebuah kotak yang akan muncul jika Anda mengklik salah satu posisi yang Anda miliki. Rincian tersebut berisi tanggal dan waktu eksekusi, swaps, komisi dan juga biaya tambahan lainnya.

Jika Anda memiliki pending order, order tersebut akan ditunjukkan pada bagian di bawah garis Below Balance (Saldo Rendah). Pada bagian ini, Anda dapat melihat pasangan mata uang, jenis pending order yang Anda gunakan, volume, entry price, level stop loss dan take pofit, serta spot price terkini untuk melihat seberapa dekat order Anda sebelum dieksekusi.

Jika Anda ingin mengubah order tersebut, cukup tahan jari Anda selama satu detik pada order yang ingin Anda ubah. Setelah itu, sebuah kotak popup akan muncul dengan pilihan-pilihan seperti “Close”, “Modify”, “Trade”, atau “Chart”.
  1. Close Order: Membawa Anda ke area di mana Anda bisa menutup order atau memodifikasi stop loss maupun take profit.
  2. Modify Order: Merupakan menu yang lebih sempit, di mana Anda hanya dapat memodifikasi stop loss atau take profit.
  3. Trade: Membawa Anda kembali ke tab trade untuk menempatkan New Order atau order baru.
  4. Chart: Membawa Anda ke grafik dari pasangan mata uang yang sedang Anda tradingkan.


Tab “History” memungkinkan Anda untuk melihat riwayat trading Anda.

Pada bagian kanan atas panel, ada sebuah area di mana Anda dapat memilih periode waktu riwayat yang ingin Anda tinjau: misalnya riwayat “Today”, “Last Week”, “Last Month”, “Last Three Month”, maupun “Custom Period”. Pilihan ini merupakan periode waktu yang digunakan untuk melihat riwayat Anda. Jika Anda memilih “Today”, maka Anda akan melihat semua trade Anda yang ditutup pada hari ini beserta profit atau kerugiannya, juga memuat rincian trade yang tereksekusi. Jika Anda memilih “Last Month”, maka riwayat selama satu bulan penuh akan ditampilkan. Hal ini juga sama dengan pilihan “Last Week”. Pilihan “Custom Period” memungkinkan Anda untuk melihat riwayat trade Anda pada periode waktu yang lebih spesifik, juga dapat menyaring daftar trade berdasarkan instrumen tertentu. Anda hanya perlu memasukkan tanggal ke kolom yang ada di bagian atas layar.

Tab “Mailbox” akan menampilkan semua pesan yang masuk. Pesan elektronik juga dikirimkan dari sini.

Semua berita keuangan yang masuk ke terminal dapat dilihat pada tab “News”. Informasi cepat ini sangat penting untuk analisis fundamental.

Jika Anda memilih “Journal”, Anda dapat melihat catatan dari MetaTrader 4 untuk iPad. Jurnal ini menunjukkan rekaman kegiatan yang dilakukan di dalam aplikasi ini.

Terakhir, ada tab “Setting”, yang memungkinkan Anda untuk melakukan penyesuaian berbagai parameter yang ada di aplikasi MetaTrader 4 untuk iPad.

Pada tab pengaturan ini, Anda dapat memilih jenis tampilan grafik: Bar Chart/grafik batang, Line Chart/grafik garis, atau Candlestick/grafik liliin. Aktifkan atau matikan tombol “Volume” dan “Trade Levels” sesuka Anda. Saat Trade Level diaktifkan, semua posisi dan pending order dari suatu simbol akan ditampilkan pada grafik. Kegiatan trade ditampilkan dalam bentuk garis dengan penanda pada bagian level harga eksekusi.